Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Tanpa Software


Cara membuat bootable USB-flashdisk tanpa bantuan software ini dilakukan dengan menggunakan Command Prompt (Cmd) yang sudah tersedia di dalam Windows.

Sebenarnya banyak software yang bisa digunakan untuk membuat 'bootable flashdisk', tetapi jika oleh karena suatu hal kita tidak bisa menggunakan software tsb. maka cara ini bisa menjadi pilihannya.

Di bawah ini adalah langkah-langkah pembuatan Bootable Flashdisk dengan menggunakan Command Prompt level Administrator. Dalam contoh ini adalah membuat Flashdisk Installer Windows 7.
Yang diperlukan adalah : USB Flashdisk kapasitas 4-Gb (atau lebih besar), dan DVD-Installer Windows 7.
Membuka Command Prompt (Cmd)
  • Klik gambar untuk tampil lebih besar. Atau
  • Klik-kanan gambar, lalu pilih Open in New tab.
Pertama yg harus dilakukan adalah : tancapkan USB Flashdisk (4Gb) yang akan digunakan pada port USB yang tersedia.

Ada beberapa cara untuk membuka Command Prompt level Administrator (elevated).
  1. Klik Start -> All Programs -> Accessories -> klik-kanan Command Prompt -> pilih Run as Administrator.
  2. Klik Start -> pada Search box ketik cmd. Pada Search result klik-kanan cmd -> pilih Run as Administrator.
Maka jendela Command Prompt-Administrator akan terbuka 
Gambar-1. Command prompt Administrator.

Menjalankan Program DISKPART
Bagian yang ditandai kotak-hijau adalah 'perintah/command' yang harus diketik; dan setiap selesai meng-ketikkan satu perintah harus diikuti dengan tekan tombol Enter, kemudian lanjutkan dengan ketik perintah berikutnya.
Gambar-2. Bentuk rangkaian perintah yang digunakan.

Langkah pertama : Membuat partisi pada USB Flashdisk.
  1. Ketik perintah : DISKPART lalu tekan Enter. Tunggu sesaat sampai program 'Diskpart' muncul pada jendela Command Prompt.
  2. Ketik perintah : LIST DISK lalu tekan Enter. Ini untuk menampilkan harddisk yang aktif. Dalam contoh ada 4-disk; disk-0 adalah harddisk, sedangkan Disk-3 adalah Flashdisk yang saya gunakan (Penting !! .. perhatikan angka-kapasitasnya yang kira-kira = 4 Gb)
  3. Ketik perintah : SELECT DISK 3 . Perintah ini untuk menentukan semua operasional akan dikenakan pada Disk 3 yang dalam contoh ini adalah Flashdisk. Penting !! Sebelum tekan Enter, periksa ulang apakah nomor-disk yang kita pilih sudah benar; keliru disini bisa berakibat fatal. Selanjutnya tekan Enter.
  4. Ketik perintah : CREATE PARTITION PRIMARY lalu tekan Enter. Ini digunakan untuk membuat partisi-primer yang selanjutnya akan dikenali oleh Windows sebagai 'Partition 1'.
  5. Ketik perintah : SELECT PARTITION 1 lalu tekan Enter. Perintah ini untuk menentukan operasional selanjutnya akan dikenakan pada Partition 1tersebut.
  6. Ketik perintah ACTIVE lalu tekan Enter. Ini digunakan untuk merubah status Partition 1 menjadi 'active'.
  7. Ketik perintah FORMAT FS=NTFS QUICK lalu tekan Enter. Ini adalah perintah melakukan pem-formatan dengan file system NTFS.
  8. Ketik perintah EXIT lalu tekan Enter. Ini untuk keluar dari program Diskpart. Jendela Command prompt jangan ditutup dahulu, kita masih akan menggunakannya untuk proses lebih lanjut.

Langkah kedua : Membuat Boot Sector pada USB Flashdisk.

Dalam contoh saya ini, USB Flashdisk adalah drive I: , dan DVD Installer Win 7 ada di drive E:.
 
  1. Secara default, direktori-aktif pada jendela command prompt level administrator adalah : C:\Windows\System32>. Maka saya mesti mengarahkan command prompt agar menjadikan DVD-drive E: menjadi direktori-aktif, caranya
  2. Ketik perintah E: lalu tekan Enter. Tampak dalam jendela command bahwa direktori-aktif berubah menjadi E:\>.
  3. Ketik perintah CD BOOT lalu tekan Enter. Direktori-aktif berubah menjadi E:\boot>.
  4. Ketik perintah BOOTSECT /NT60 I: lalu tekan Enter. Pembuatan 'Boot sector' pada drive-I: (Flashdisk).
  5. Ketik EXIT lalu tekan Enter. Menutu jendela Command prompt.

Sampai disini kita telah selesai membuat sebuah 'Bootable USB Flashdisk', dan flashdisk sudah siap digunakan sebagai 'Bootable media'.

Untuk menjadikannya sebagai sebuah Installer Windows, maka kita tinggal menyalin/copy seluruh isi cd/dvd-installer kedalam flashdisk tsb. Untuk melakukan hal ini, masukkan dvd-installer Windows ke dalam ROM-drive, lalu buka jendela Command prompt seperti cara di atas. Setelah Command prompt terbuka,

Langkah ketiga : Menyalin file ke dalam Bootable Flashdisk.

  1. Ketik perintah XCOPY E:\*.* I:\ /E /H /F lalu tekan Enter - Lihat Gambar-3. Sekarang silahkan istirahat sejenak sambil menunggu proses copy selesai; ini akan butuh beberapa menit. Jangan panik jika kadang tampak tidak ada aktifitas dalam jendela Command prompt, ini karena file-file dalam cd/dvd sedang di 'cache' ke dalam RAM.
  2. Proses copy sudah selesai dengan ditandai munculnya text " xxx file(s) copied " pada jendela command prompt - lihat Gambar-4.
  3. Ketik EXIT lalu tekan Enter untuk menutup jendela Command prompt. Selesai -:)
Gambar-3. Perintah copy file dalam dvd ke bootable flashdisk.
Gambar-4. Proses copy file selesai.

No comments:

Post a Comment