Cara Membuka Situs yang Diblokir (Internet Positif) di PC


Di internet, kita bisa bebas mencari informasi apapun yang kita inginkan, dari yang mulai positif sampai dengan yang negatif. Dengan adanya kebebasan ini, setiap pengguna internet bisa browsing apa saja yang diinginkan. Meskipun begitu, ada saja pengguna internet yang menyalahgunakan ‘kebebasan’ itu untuk mengakses informasi yang tidak jelas atau berkonten negatif.

Maka dari itu, pemerintah memberikan kebijakan untuk memblokir beberapa situs yang dianggap memiliki konten negatif atau berbahaya. Namun, ada beberapa situs yang menurut sebagian orang bermanfaat tapi diblokir oleh pemerintah seperti Vimeo dan Reddit. Kedua situs tersebut hanya sebagian kecil saja, bisa jadi ada banyak lagi situs-situs bermanfaat lainnya yang diblokir oleh pemerintah.

Biasanya ketika anda mencoba mengakses situs yang diblokir, kurang lebih anda pasti familiar dengan halaman internet positif maupun halaman yang berisi keterangan refused to connect. Halaman tersebut muncul ketika anda mencoba mengakses situs yang diblokir dan tampilannya bisa berbeda-beda, tergantung provider internet yang anda gunakan.


Halaman internet positif
Saya akan menjelaskan sedetail mungkin tutorialnya agar anda lebih mudah memahaminya. Saya juga membagi artikelnya menjadi dua pembahasan utama, yang pertama: membuka situs yang diblokir melalui PC.


Cara membuka situs yang diblokir di PC
Ada banyak cara membuka situs yang diblokir oleh ISP maupun pemerintah. Dalam artikel berikut ini, saya akan menjelaskan cara yang paling mudah dan saya rasa siapapun bisa mempraktikannya, bahkan untuk orang awam sekalipun. Simak cara-caranya sebagai berikut:
1. Menggunakan add-ons atau ekstensi di browser anda
Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengakses situs yang diblokir adalah dengan menambahkan ekstensi pada browser anda. Disini kita akan menggunakan ekstensi proxy server gratis yang bernama anonymoX.

AnonymoX digunakan untuk mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah, menyembunyikan lokasi anda sekaligus mengenkripsi lalu lintas koneksi anda. Jadi anda bisa melakukan browsing hampir di situs apapun dengan aman. Ekstensi proxy ini tersedia di Mozilla maupun Google Chrome, anda tinggal menambahkannya saja. Berikut cara menambahkan ekstensi anonymoX di browser Chrome maupun Mozilla:
Google Chrome
1. Klik ikon menu seperti yang sudah saya beri tanda panah. Selanjutnya pilih More tools > Extensions.
2. Kemudian pilih Get more extensions.

3. Anda akan dibawa ke halaman chrome web store. Selanjutnya ketikkan ‘anonymox’ di kotak pencarian seperti yang terdapat pada gambar berikut. Kemudian Enter.
4. Akan ditampilkan hasil pencarian yang anda lakukan tadi. Pastikan ekstensinya bernama AnonymoX bukan yang lain, kemudian klik tombol ADD TO CHROME.

5. Jika anda mendapatkan notif seperti ini, pilih Add extension.
6. Anda akan terkoneksi otomatis ke proxy server anonymoX. Sekarang anda bisa mengakses situs yang diblokir maupun yang dilabeli internet positif. Anda juga bisa memilih lokasi server yang diinginkan, ada Amerika, Inggris dan Belanda (untuk yang versi free). Jika misalkan aktiftas browsing anda menjadi lebih lambat, tinggal pilih lokasi lain pada kolom Identity.

Mozilla Firefox
1. Pertama-tama klik ikon menu yang terletak di kanan atas jendela browser. Selanjutnya pilih Add-ons.

2. Pada kotak pencarian, ketikkan ‘anonymox’ kemudian tekan Enter. Akan tampil hasil pencarian anda tadi. Selanjutnya pilih Install dan tunggu beberapa detik sampai add-onsberhasil ditambahkan.

3. AnonymoX berhasil ditambahkan di browser Mozilla anda. AnonymoX akan aktif secara otomatis dan bisa langsung digunakan. Jika anda ingin mengganti lokasi servernya, klik ikon anonymoX dan pilih lokasi server yang diinginkan.
Sebagai contoh, saya mencoba mengakses situs diskusi populer, Reddit.com yang diblokir oleh ISP indonesia. Seperti yang anda lihat pada gambar dibawah, saya dapat mengakses situs Reddit dengan bantuan ekstensi anonymoX.
Selain anonymoX, ada beberapa ekstensi yang juga saya rekomendasikan, diantaranya adalah:
  • Hoxx VPN Proxy
  • TouchVPN (Tidak tersedia di Mozilla)
  • Hotspot Shield
  • One Click Proxy IP (Tidak tersedia di Chrome)


No comments:

Post a Comment