Memperbaiki Error File Window.DLL



Pesan Error Window.DLL
Ada beberapa bentuk pesan error Window.dll, antara lain :

  • "Window.dll Not Found"
  • "This application failed to start because window.dll was not found. Re-installing the application may fix this problem."
  • "Cannot find [PATH]\window.dll"
  • "The file window.dll is missing."
  • "Cannot start [APPLICATION]. A required component is missing: window.dll. Please install [APPLICATION] again."
Pesan error Window.dll bisa muncul saat menjalankan atau meng-instal suatu program aplikasi tertentu, atau saat men-start maupun shutdown komputer. Kadang juga muncul saat instalasi OS Windows sedang berlangsung.
Penyebab Error Window.DLL
Secara umum, error Window.DLL selalu berkaitan dengan masalah file DLL yang rusak, hilang atau tak terbaca. Tetapi juga bisa terjadi karena kesalahan dalam file registryinfeksi malware bahkan karena kerusakan hardware. Konteks pesan error Window.DLL memang bersifat cukup luas. Beberapa hal dibawah ini bisa menjadi pedoman melacak penyebabnya.
  1. Saat meng-uninstall suatu program, maka program tsb juga menghapus suatu file DLL yang dibutuhkan oleh program lain maupun sistem operasi Windows.
  2. Saat meng-install suatu program, ternyata program tsb mengganti suatu file DLL dengan versi lama atau versi yang tidak mendukung program lain maupun sistem operasi Windows.
  3. File instalasi suatu program yang di-instal mengalami rusak atau korup, sehingga setelah selesai instalasi menimbulkan pesan error DLL.
  4. Ada user lain atau program lain (malware) yang menghapus atau memanipulasi suatu file DLL atau suatu file yang berkaitan erat dengan suatu file DLL. Baca kumpulan artikel tentang malware.
  5. Ada hardware terpasang yang mengalami kerusakan, sehingga suatu file DLL menjadi korup, atau pembacaan suatu file DLL menjadi terganggu karena kerusakan hardware tsb. Biasanya berupa kerusakan HDD atau kartu VGA.

Cara Memperbaiki Error Window.DLL
Mengatasi pesan error Window.DLL cukup sulit. Pertama karena penyebabnya juga tidak jelas, dan yang kedua nama-file nya pun juga tidak jelas. Berbeda jika file DLL yang error disebutkan secara spesifik, misalnya Kernel32.DLL, atau Hal.DLL dsb. Baca kumpulan artikel Mengatasi PC Error

Perlu diketahui bahwa sebutan Window.DLL disini (banyak buku menyebutnya Windows.DLL) bukan nama spesifik sebuah file DLL, tetapi mewakili seluruh file DLL yang ada didalam suatu sistem (komputer). Sedangkan didalam sistem ada file DLL milik Windows, dan ada juga file DLL milik aplikasi. Jadi jumlah seluruhnya pasti banyak sekali, tidak mudah meng-identifikasi nya.

Artikel ini hanyalah sebagai pedoman langkah awal untuk mengatasi pesan error Window.DLL ini. Anda dipersilahkan mengembangkan sendiri untuk tindak lanjutnya. Jika tidak bisa masuk ke Windows normal mode, coba melakukannya dari Windows Safe mode. Baca artikel Pengertian Safe Mode.

Berikut beberapa hal yang mungkin baik untuk dilakukan, sebelum tindakan lain yang lebih rumit. Mulai dari yang paling sederhana dan mudah.
  1. Periksa Recycle Bin, siapa tahu file DLL tsb telah terhapus tanpa sengaja, jika ada, segera restore file ke tempat asalnya
  2. Jika diduga sudah terhapus dan Recycle Bin terlanjur dikosongkan (empty), bisa gunakan bantuan program file-recovery. Yang perlu disadari adalah bahwa file hasil recovery kondisinya tidak selalu utuh, tetapi sering kali kondisinya sudah rusak.
  3. Jalankan program Antivirus, siapa tahu sistem sudah terinfeksi malware dan memanipulasi atau merusak file DLL tsb. Periksa hasil scan (karantina) dan cari file yang menyebut ekstensi DLL., catat nama file tsb, dan coba cari duplikat atau file penggantinya. Baca artikel Memilih program antivirus yang baik.
  4. Jalankan System Restore, siapa tahu error Window.DLL disebabkan adanya perubahan konfigurasi sistem. Baca Artikel Menggunakan System Restore.
  5. Jika didalam pesan error Window.DLL disebut suatu nama program tertentu, atau pesan muncul saat menjalankan program, cobalah reinstall program tsb. Kadang reinstal program aplikasi ybs. bisa merupakan solusi yang baik.
  6. Jika pesan error Window.DLL muncul setelah instal driver hardware tertentu, roll back driver  tsb. ke versi sebelumnya.
  7. Jika pesan error Window.DLL muncul saat menjalankan (misalnya) game 3D, update driver VGA yang digunakan. Disini kartu VGA hanya sebagai contoh, yang penting adalah memahami konteks saat munculnya pesan error tsb.
  8. Jalankan tool Windows yang bernama SFC (System File Checker) dan gunakan perintah sfc /scannow. Jika file DLL yang hilang adalah milik Windows, maka SFC akan me-restore nya (dari file duplikat di folder dllcache).
  9. Instal file patch (file update) Windows. Banyak patch yang menyediakan update DLL milik Windows. Cari info disitus Microsoft, info patch dan updatetersedia dihalaman Knowledge Base (KB) situs Microsoft, atau dalam forum Microsoft.
  10. Jika semua langkah diatas gagal, cobalah untuk me Repair Windows. Ini akan menyegarkan semua file DLL Windows.
  11. Lakukan test modul memory (RAM) dan HDD, karena kedua hardware ini sering ikut andil munculnya error. Jika hardware tsb tidak lolos test, tak ada jalan lain kecuali menggantinya dengan yang baru. Baca artikel Memeriksa kondisi HDD.
  12. Jalankan program registry cleaner, software seperti ini bisa menghapus registry yang rusak yang mungkin merupakan penyebab munculnya pesan error. Sebenarnya cara ini cukup riskan, tapi ini merupakan usaha terakhir sebelum melakukan langkah distruktif berikut.
  13. Hapus partisi HDD dan lakukan instalasi ulang Windows (clean installation). Clean installation Windows akan menghapus segalanya dari HDD. Sebuah langkah destruktif bagi semua data Anda, jadi pertimbangkan dan persiapkan sebaik mungkin sebelum ambil keputusan ini.
  14. Jika setelah clean installation masih muncul pesan error, maka penyebabnya adalah masalah hardware.



No comments:

Post a Comment