Pengenalan System kerja Laptop Motherboard


Motherboard Laptop memiliki 3 pembagian system Power :
1.   VALW yaitu Power Always atau instalasi utama
Power yang digunakan adalah DC (Direct curent) DC voltase yang di gunakan umumnya 19V 3.2A tetapi ada juga yang menggunakan 15V-20V untuk merk Toshiba,16V untuk merk IBM dan 18.5V untuk kebanyakan merk Clevo(axioo,zirex,msi dll).
Instalasi VALW mensuplay pengaturan regulasi Battery IC dimana,battery ic mendeteksi adaptor current sensor dan memberikan konfirmasi kepada SIO untuk mengatur system charging pada saat Laptop menggunakan adaptor dan pada saat tidak menggunakan adaptop battery ic bertugas untuk mengalihkan pendistribusian power suplay dari adaptor ke battery pack.
Battery ic juga memiliki fitur pengambilan data pada battery pack sehingga system memahami ketika pengisian battery telah penuh dan menghentikan pengisian pada battery ic.
VALW jalur utama mendapatkan tegangan utama dari adaptor 15V s/d 20V(tergantung fitur motherboard) kemudian diolah oleh DC/DC power IC regulator menjadi 3V dan 5V.
Persaratan agar motherboard Laptop dapat hidup adalah teganagan VALW(15V s/d 20V) dan 5V,3V.Jika salah satu power diatas hilang maka Laptop motherboard tidak akan bisa hidup atau disebut dengan mati total.
2.   VS yaitu Power Switch
VS adalah tegangan yang muncul setelah Laptop di swicht on.Tegangan VS erat kaitannya dengan system signal yang bertugas untuk memberikan signal enable atau sejenis saklar atau triger yang meloloskan tegangan VALW menjadi VS.Sytem kerja VS diatur oleh sebuah atau lebih transistor dimana VALW standby pada Source kemudian signal membuka (open/close Gate) transistor untuk meloloskan tegangan (Drain) sebesar yang dibutuhkan.Besaran tegangan VS dapat dilihat pada schema motherboard yang bersangkutan (VS voltage rail).Tegangan VS meliputi Tegangan untuk :
·        VS untuk controling led (Lampu indikator power on)
·        VS untuk Boot Strap device (procesor,ram,vga chip dan input/output controling hub chip)
·        VS untuk Device (Lcd/led,hdd,optic,usb,wifi,bloutooth,keyboard,sound,camera dll)
3.   Signal yaitu gelombang triger atau sejenis open/close gate bertugas mengatur tahapan enable/disable masing masing komponen .System signal diatur oleh microcontroler dimana pihak manufaktur telah membuat format settingnya berbentuk firmware yang ditanam ke dalam IC bios pada tiap tiap motherboard.


No comments:

Post a Comment