Skema Motherboard Printer Canon MP258 (Sistem Switching)

Kali ini kita akan berbagi ilmu, bagaimana proses swicthing atau proses ketika printer pada posisi mati menuju ke posisi hidup. Swicthing sendiri memiliki arti menghubungkan, dimana pada printer adalah menghubungkan jalur antara yang satu dengan yang lainnya.

Pada printer Canon MP258 memiliki modul tersendiri untuk menampilkan eror code, swiching sistem yang terdiri dari (fotocopy black, fotocopy color, power, reset) tetapi kali ini yang akan kita bahas adalah jalur yang detail pada swich POWER dimana gambar skema ada di bawah.


Penjelasan dari gambar di atas bahwa pada printer terdapat modul panel, motherboard, kabel fleksible dan multimeter sebagai pengukur. Dari skema tersebut bahwa proses menyalanya printer yang paling untama adalah bios normal, ic I/O atau EC normal kemudian untuk module swich nya juga normal. Pada gambar di atas yang sering terjadi adalah kerusakan modul swich dan pada khususnya adalah switch nya. Tetapi untuk memperbaiki sebuah printer mati total kita tidak dapat memastikan tanpa adanya pengukuran satu persatu.

Pada panel printer poses swich itu di mulai dari konektor yang ada pada konektor di motherboard dengan pin 11, Perlu di ketahui bahwa printer canon MP258 memiliki 2 jenis modul switch yaitu pin 13 dan pin 11, kali ini yang kita bahas adalah 11 pin. Oke kita lanjut,..

Kita mulai dari pin 3 di mana pada gambar pin 3 jalur yang menuju ke panel melalui resistor smd 0412 dengan ukuran 22 ohm kemudian di lanjut menuju ke switch sebagai penghubung dan pemutus dengan ground. Untuk pin 3 yang menuju ke motherboard melalui resistor 0412 dengan ukuran 1,1K ohm kemudian di lanjut menuju se ic I/O dan ke BIOS. Tetapi untuk pertama printer hidup itu di mulai dari IC bios, pada printer MP258 ic bios biasanya manufacturing dari WINBOND dengan kaki 16 kemudian di lanjut ke ic I/O kemudian di kendalikan oleh modul switch.

sumber : http://www.ilmuprinter.info

No comments:

Post a Comment